Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spoof text, Materi Lengkap Bahasa Inggris Dan Contoh

    Spoof text, Materi Lengkap Bahasa Inggris Dan Contoh
    Spoof text

    Pada kali ini kami dari tim penulisan necerz.com akan membahasa materi spoof text. Pada materi kami akan menjelaskan pengertiaan spoof text, ciri spoof text struktur spoof text dan contoh spoof text.

    Baca juga: Asking and Offering Help – Pengertian, Penggunaan, Contoh Dialog

    Apakah yang dimaksud dengan spoof text? 

    Jika kalian belum pernah mendengar istilah spoof text, kalian dapat besyukur karena mendapat kesempatan untuk memperdalam pengetahuan kalian tentang psoof text dan pengertian dari spoof text.

    Spoof text adalah istilah asing yang baru dijumpai oleh sebagian kecil orang. Spoof text merupakan salah satu jenis text dalam bahasa inggris yang di dalamnya bercerita tentang kejadian lampau namun diakhiri dengan komedi atau cerita lucu. Spoof text adalah text yang menyenangkan untuk dibaca. Hal ini sungguh berbeda dengan text-text bahasa inggris pada umumnya. Tujuan text ini untuk menghibur pembaca ataupun pendengarnya dengan ending yang lucu

    Spoof text sering kali dijumpai namun tidak semua orang tahu nama dari text ini. Banyak orang yang menyamakan spoof text dengan recount text. Namun mereka berbeda. Yang membedakan adalah recount text berfokus pada hiburan pembaca, adapun spoof text berfokus pada ending yang lucu dan tak disangka-sangka.

    Bagaimana Ciri kebahasaan spoof text

    Spoof text memiliki ciri yang membedakan dengan text-text yang lain. 

    • Menggunakan past tense (V2)
    • Menggunakan action verbs
    • Menggunakan keterangan waktu dan lokasi
    • Susunan cerita yang kronologis

    Struktur spoof text

    Ada tiga struktur text yang melekat pada spoof text yaitu:

    Orientation (Introduction)

    Untuk menjawab pertanyaan siapa?, kapan? dan dimana? tentu saja dibutuhkan yang namanya orientasi atau tahap pengenalan. Sama halnya dengan text-text pada umumnya. Di tahap ini, semua yang berkaitan dengan tokoh, waktu dan tempat dicantumkan pada tahap orientasi.

    Events

    Pada tahap ini, penulis menceritakan kejadian atau peristiwa yang masih dikategorikan wajar. Kejadian-kejadian yang diceritakan pada tahap ini masih bisa diterima oleh nalar dan logika.

    Twist

    Twist merupakan kejadian akhir dari cerita yang bertolak belakang dengan kejadian yang telah terjadi. Pada tahap ini, cerita sulit diterima oleh nalar yang menbuatnya lucu bagi para pembaca ataupun pendengarnya.

    Example of spoof text

    Dalam bahasa inggris:

    One day there were three friends who were stranded on an island. They are Joni, Dodi and Ahmed. Worse, they were found by an inland tribe in the island. They were held hostage and would soon be eaten. Immediately they begged the chief to be allowed them to go. The chief granted the request on one condition. That each of them had to find ten fruit seeds in the forest and take them in front of the chief. They immediately entered the forest and looked for. 

    After a while Joni came back with ten apples. Then the chief said "put all the fruit you got into your anal hole. If you succeed, you can go but if you don't succeed, then I will chop off your head. Then Joni tried to enter the apples while moaming. But he gave up on the fourth apples. So he was beheaded. 

    After a while, Dodi returns with ten grapes. He got the same order. Because the fruits he got was small, he was very confident about entering the fruits one by one. In the last seed he laughed very loud. That made all the grape seeds came out. Then the chief asked "Why are you laughing?" Dodi answered "Look! There is ahmed who brings 10 durians."


    Terjemahan:

    Pada suatu hari ada tiga orang teman yang terdampar di sebuah pulau. Mereka adalah Joni, Dodi dan Ahmed. Parahnya, mereka ditemukan oleh satu suku pedalaman di pulau tersebut. Mereka disandera dan akan segera dimakan. Dengan segera mereka memohon kepada kepala suku untuk dibiarkan pergi. Kepala suku pun mengabulkan permintaan tersebut dengan satu syarat. Masing-masing dari mereka harus menemukan sepuluh biji buah di dalam hutan dan membawanya ke depan kepala suku. Mereka pun segera masuk hutan dan mencari. 

    Setelah beberapa saat, Joni kembali dengan membawa 10 buah apel. Kemudian kepala suku berkata "masukkan semua buah yang kamu dapat ke dalam lubang duburmu. Jika kamu berhasil, kamu bisa pergi tetapi jika kamu tidak berhasil, maka kepalamu akan kupenggal. Kemudian Joni mencoba memasukkan apel apel tersebut sambil merintih. Namun dia menyerah pada apel keempat. Dengan demikian, ia pun dipenggal.

    Selang beberapa saat, Dodi kembali dengan membawa 10 buah anggur. Dia mendapat perintah yang sama. Karena buah yang didapat kecil, dia pun sangat percaya diri memasukkan satu persatu buah tersebut. Namun pada biji terakhir, dia tertawa terbahak-bahak yang membuat semua biji anggurnya keluar. Kepala suku pun bertanya "Kenapa kamu tertawa?" Dodi menjawab "Lihatlah! Di sana ada Ahmed yang sedang membawa sepuluh buah durian."

    Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang spoof text. Semoga bermanfaat bagi kalian yang sudah membacanya. Sampai jumpa dimateri selanjutnya. Keep learning!

    Karmila
    Karmila Ask!

    Posting Komentar untuk "Spoof text, Materi Lengkap Bahasa Inggris Dan Contoh"