Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

News Item Text: Pengertian, Fungsi Sosial, Ciri, Struktur Dan Contohnya

    News Item Text: Pengertian, Fungsi Sosial, Ciri, Struktur Dan Contohnya
    News Item Text: Pengertian, Fungsi Sosial, Ciri, Struktur Dan Contohnya

    News Item Text: Pengertian, Fungsi Sosial, Ciri, Struktur Dan Contohnya - Ada banyak jenis text dalam bahasa Inggris. Diantaranya yaitu descriptive, narative, report, spoof dan sebagainya. Semuanya memiliki struktur dan keistimewaan masing-masing. Pada pembahasan jenis text sebelumnya, autor telah membahas tentang spoof text. Kali ini, autor akan membahas salah satu jenis text lainnya yaitu news item text. Bagi sebagian besar orang tentu saja sudah tidak asing dengan jenis teks ini. Terutama yang sering membaca koran atau menonton berita. Kenapa demikian? Berikur penjelasannya.

    Apakah Dimaksud Dengan News Item Text?

    News item adalah jenis text yang berisi informasi teraktual (terkini) tentang kejadian-kejadian atau peristiwa harian yang terjadi yang layak atau penting untuk diberitakan dan berpengaruh bagi sebagian besar orang. Text ini bersifat faktual atau benar-benar terjadi (no hoax).

    Baca juga: Spoof text, Materi Lengkap Bahasa Inggris Dan Contoh

    Fungsi Sosial Text News Item

    Adapun fungsi sosial dari sebuah text news item adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca ataupun pendengarnya. Maka dari itu, informasi yang ingin dibagikan haruslah informasi penting atau sesuai dengan kebutuhan pembaca.

    Ciri-Ciri News Item Text

    Singkat, padat dan jelas

    Informasi yang diterangkan berkaitan dengan judul.

    Menggunakan past tense

    Menggunakan action verbs

    Menggunakan saying verbs

    Menggunakan adverbs (waktu, tempat dan cara)

    Structure News Item

    Seperti halnya dengan jenis text lainnya, news item juga memiliki struktur yang membedakan dengan teks-teks lainnya. Diantaranya yaitu:

    Main event (inti kejadian/peristiwa)

    Main ivent adalah kejadian yang diberitakan secara ringkas dari suatu peristiwa yang terjadi atau biasa disebut dengan berita utama.

    Background event (latar belakang peristiwa)

    Background event adalah bagian berita yang menceritakan kejadian secara rinci. Mulai dari orang yang terlibat, lokasi kejadian dan bagaimana peristiwa tersebut terjadi.

    Source (sumber informasi)

    Source adalah sumber informasi yang didapatkan dari sumber terpercaya yang berkaitan dengan peristiwa tersebut demi keaslian informasi. Hal ini bisa didapatkan dari narasumber, pernyataan saksi, pendapat para ahli ataupun pernyataan pihak-pihak yang terkait dangan peristiwa tersebut.

    Contoh news item text beserta strukturnya :

    Main event: There was a traffic accident at 17.43 in the afternoon involving 2 two-wheeled vehicles and 1 minibus. 

    Background: The incident killed 4 people who were two-wheelers and 5 people who were injured were the driver and also the passenger of the minibus. The incident occurred at the Senayan market junction, allegedly because the road was slippery and also had holes. 

    Source: According to the witness, this incident started with a motorist who wanted to overtake the minibus but in the opposite direction there was a motorist who was going quite fast. Because the roads were slippery and potholes, accidents were hard to avoid. So that the two-wheeled riders collided with each other and the minibus lost control and hit a tree.

    Baca juga: Instruction Text, Materi Bahasa Inggris Lengkap dengan Contoh

    Terjemahan:

    Telah terjadi sebuah kecelakaan lalu lintas pada pukul 17.43 sore hari yang melibatkan 2 kendaraan roda dua dan 1 minibus.

    Kejadian tersebut menewaskan 4 orang yang merupakan pengendara roda dua dan 5 orang yang luka-luka adalah sopir dan juga penumpang minibus. Kejadian tersebut terjadi di pertigaan pasar Senayan yang diduga karena jalanan licin dan juga berlubang.

    Menurut saksi, kejadian ini dimulai dari pengendara bermotor yang ingin mendahului minibus namun di arah berlawanan terdapat pengendara bermotor yang melaju cukup kencang. Karena jalanan licin dan berlubang, kecelakaan pun sulit terhindarkan. Sehingga kedua pengendara beroda dua saling tabrakan dan minibus kehilangan kendali sampai menabrak pohon.

    Contoh singkat lainnya:

    Scuba masks are no longer in demand in the market. Many traders complained that there are still many stocks of masks and the issued capital had not returned. 

    This incident occurred because of a government policy that prohibited the use of scuba masks. This policy was set by the government because scuba masks are not very effective against the Corona virus. The stretchy texture and large pores make this mask easy to penetrate by viruses. 

    A roadside mask trader who has already stocked a lot of scuba masks admitted that he felt disadvantaged by this policy. But they can only surrender and continue to sell the existing scuba masks even though they are not as popular as usual.

    Terjemahan:

    Masker scuba tidak lagi laris di pasaran. Banyak pedagang yang mengeluh karena stok masker yang masih banyak dan modal yang dikeluarkan belum kembali. 

    Peristiwa ini terjadi karena adanya kebijakan pemerintah yang melarang penggunaan masker scuba. Kebijakan ini ditetapkan oleh pemerintah karena masker scuba tidak begitu efektif untuk melawan virus Corona. Tekstur yang melar dan pori-pori yang besar membuat masker ini mudah ditembus oleh virus. 

    Pedagang masker pinggir jalan yang terlanjur menyetok banyak masker scuba mengaku merasa dirugikan dari kebijakan ini. Namun mereka hanya bisa pasrah dan tetap menjual masker scuba yang ada meski tidak selaris biasanya.

    Itulah tadi pengertian, fungsi sosial, ciri dan struktur dari news item text. Semoga penjelasan tersebut dapat menjawab keingintahuan kalian tentang news item. Tetap semangat belajar dan perbanyak membaca! Membaca adalah kunci ilmu yang sebenarnya. Keep study and see you next!

    Karmila
    Karmila Ask!

    Posting Komentar untuk "News Item Text: Pengertian, Fungsi Sosial, Ciri, Struktur Dan Contohnya"