Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Materi Sentence Buildings Disertai Contoh

    Materi Sentence Buildings Disertai Contoh
    Materi Sentence Buildings Disertai Contoh

    Materi Sentence Buildings Disertai Contoh - Sentence (kalimat) merupakan bagian penting dalam pelajaran Bahasa Inggris. Sentence adalah kumpulan beberapa kata yang memiliki makna yang di dalamnya terdiri dari subjek dan predikat serta diakhiri oleh tanda baca (.!?).

    Dalam penulisan sebuah paragraf, masih banyak siswa yang keliru dalam pembuatan kalimat. Terkadang ada yang menulis kalimat tanpa menyertakan subjek ataukah tanpa kata kerja. Kalimat tidak dapat terbentuk apabila ada struktur yang hilang. Untuk lebih jelasnya, ikuti penjelasan materi struktur atau sentence buildings dalam Bahasa Inggris berikut ini!

    Sentence buildings adalah beberapa bagian dari kalimat yang dapat membentuk beberapa kata menjadi kalimat yang utuh. Ada empat jenis sentence buildings. Berikut penjelasan jenis-jenis sentence beserta contohnya.

    Simple Sentence

    Simple sentence adalah kalimat sederhana yang disalamnya terdapat satu clausa yang dapat berdiri sendiri (independent clause). 

    Contoh simple sentence: 

    • Rani reads a book. (Rani membaca sebuah buku)
    • My mother gives me money. (Ibuku memberiku uang)

    Compound sentence

    Compound sentence adalah kalimat majemuk yang terdiri dari dua atau lebih independent clause yang dihubungkan oleh conjunction.

    Contoh compound sentence:

    • My father reads newspaper and my mother cooks for breakfast. (Ayahku membaca surat kabar dan ibuku memasak untuk sarapan)
    • I go to the class and Maya goes to the library. (Saya pergi ke kelas dan Maya pergi ke perpustakaan.

    Complex sentence

    Complex sentence adalah kalimat yang di dalamnya terdiri dari independent clause dan dependent clause. Sementara dependen clause harus diawali oleh subordinating conjunction atau relative pronoun dalam sebuah complex sentence.

    Contoh complex sentence:

    • I do not go to the school because I am sick. (Saya tidak pergi ke sekolah karena saya sakit)
    • If you do not do your homework, our teacher will be angry.

    Compound-complex sentence

    Compound-complex sentence adalah kalimat majemuk kompleks yang di dalamnya terdapat setidaknya dua independent clause dan satu atau lebih dependent clause yang dihubungkan oleh subordinating conjunction atau coordinating conjunction.

    Contoh kalimat majemuk kompleks:

    • Ana wants to continue her study after she finishes her thesis, but she does not have enough money. (Ana ingin melanjutkan pendidikannya setelah dia menyelesaikan skripsinya, tetapi dia tidak punya cukup uang)
    • Dina's uncle was my teacher before I move to Jakarta, but he is always my best teacher. (Pamannya Dina adalah guruku sebelum saya pindah ke Jakarta, tetapi dia tetap guru terbaikku)


    Itulah tadi penjelasan singkat tentang materi sentence buildings atau materi structure dalam bahasa inggris. Hal terpenting yang harus diketahui adalah dalam pembuatan kalimat harus terdapat subjek dan predikat di dalamnya. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu dalam menjawab soal atau membuat kalimat (sentence).
    Karmila
    Karmila Ask!

    Posting Komentar untuk "Materi Sentence Buildings Disertai Contoh"