Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Connectives Lengkap dengan Contoh

    Connectives
    Penjelasan Lengkap Connectives Lengkap dengan Contoh 

    Penjelasan Lengkap Connectives Lengkap dengan Contoh - Sebagai pembelajar bahasa asing, kita perlu memahami seperti apa itu connectives. Ini dikarenakan connective dapat membantu tulisan kita terlihat atau tampak lebih baik dan lebih indah. Bukan hanya itu, connective juga membantu kita untuk menyampaikan ide atau point penting dari satu pembahasan ke pembahasan lainnya. 

    Nah, pada tulisan kali ini, penulis akan membahas mengenai connectives dalam bahasa Inggris. Mungkin di antara kita masih ada yang bertanya-tanya “What are the connective words?”Apa sih pengertian connectives itu? Apa sih fungsi dari connective? Dan seperti apa sih contoh connectives itu? Untuk itu, mari kita perhatikan dengan seksama pembahasan yang ada di bawah ini. 

    What are the connective words?

    Pengertian connectives adalah kata atau frasa yang menghubungkan bagian kata, frasa, klausa atau kalimat. Connectives juga dikenal sebagai kata atau frasa yang berfungsi untuk membuat transisi atau menghubungkan kalimat satu dengan kalimat berikutnya atau paragraf satu dengan peragraf lainnya. Connectives dalam bahasa Inggris berupa conjunctions (when, but atau because), dan connecting adverbs (Unfortunately, consequently atau actually).

    Perbedaan connective dan conjunction

    Connective dan conjunction adalah dua hal yang memiliki kesamaan yaitu sebagai kata penghubung. Meskipun begitu, perbedaan antara  connective dan conjunction tetap ada. Conjunction adalah kata penghubung yang masuk ke dalam tipe connectives. Dengan kata lain, conjunction sudah termasuk connective, sedangkan connective belum tentu termasuk ke dalam jenis conjunction. Ini dikarenakan connectives memiliki dua tipe yakni conjunction dan connecting adverb. Jadi kata atau frasa yang termasuk connective tidak selamanya disebut conjunction, tetapi bisa jadi kata atau frasa tersebut dikategorikan sebagai connecting adverb bukannya conjunction.

    Baca juga: Giving Advice and Warning

    What are examples of connectives?

    Contoh connective dalam bahasa Inggris itu bermacam-macam. Jenis connectives pun bervariasi sesuai dengan fungsi atau kegunaan dari connectives itu sendiri. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai jenis dan fungsi dari connectives disertai contoh connective wordsnya dalam kalimat.

    Addition of idea (adding)

    Adding atau addition of idea ini berfungsi untuk menambahkan ide, point penting, atau informasi. Contoh: furthermore, also, further, in addition, moreover, and, of equal importance, another, besides.

    Time connectives

    Time connectives ini berfungsi untuk menunjukkan waktu kejadian. Contoh connectivenya adalah in the meantime, the next day (week/month/year/decade), the previous day (week/month/year/decade), now, meanwhile.

    Order atau sequence connective

    Order atau sequence connective tidak jauh berbeda atau bahkan terkesan sama dengan time connective. Connective ini berfungsi untuk mengurutkan sebuah informasi atau kejadian berdasarkan langkahnya. Contoh: before, after, then, first, second, third, next, finally, at last.

    Contrast connective

    Contrast connective befungsi untuk menjelaskan perbedaan dari kalimat sebelumnya. Connective ini juga bisa untuk menguraikan penjelasan tambahan mengenai hal yang bertentangan dari kalimat sebelumnya. Contoh connectivenya adalah: on the other case, on the other side, but, otherwise, in contrast, actually, however.

    Comparison 

    Berfungsi untuk menjelaskan perbandingan terhadap suatu ide (informasi). Contohnya: in the same way, like, in the same manner, similarly, in the same case, equally.

    Space and place

    Berfungsi untuk menunjukkan ruang dan tempat di mana sebuah kejadian atau informasi itu terjadi. Contohnya connectivenya adalah here, there, behind, in front of, on the right (left).

    To illustrate or signal an example

    Connective ini berfungsi untuk mengilustrasikan atau menguraikan informasi diikuti dengan contohnya contohnya. Connectives yang termasuk adalah for instance, for example, to illustrate, such as.

    Baca juga: Expressing Satisfaction and Dissatisfaction

    Cause and effect

    Connective yang berfungsi untuk menunjukkan adanya sebab (cause) dan akibat (effect). Contoh: Because, thus, therefore, as a consequence, as a result, consequently, so.

    Clarify

    Clarify berarti menjelaskan, menerangkan atau memperjelas pernyataan maupun infomasi yang dibagikan. Contoh connectivenya adalah: in fact, to be more precise, in other words.

    Emphasizing

    Yakni berfungsi untuk memberikan penekanan atau penjelasan tambahan terhadap sebuah informasi. Contohnya: Especially, in particular, particularly.

    To summarize or report

    Fungsi connective yang terakhir adalah untuk menarik atau membuat kesimpulan. Contohnya: to sum up, in short, in conclusion, in summary.

    Untuk lebih memahami connective words, silahkan simak contoh connective words di dalam kalimat di bawah ini.

    Video Penjelasan Connectives




    Baca juga: Expressing Love, Sadness, Anger and Annoyance

    Example of connective words in sentences:

    -Human beings are social creatures. Moreover, they cannot live without interaction and help each other. (Manusia adalah makhluk sosial. Selain itu, mereka tidak bisa hidup tanpa interaksi dan bantuan sesama) 

    -They only stayed at home all day long. The next day, they went out shopping to the mall. (Mereka hanya tinggal di rumah sepanjang hari. Pada hari berikutnya, mereka keluar berbelanja ke mall)

    -I am going to show you how to make a cup of tea. First, prepare the tools and the ingredients that you need. (Saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana membuat secangkir tea. Pertama, siapkan alat dan bahan yang anda butuhkan)

    -They said that they are vegetarian, but they actually still eat meat. (Mereka mengatakan bahwa mereka adalah vegetarian, tetapi mereka sebenarnya masih memakan daging)

    -Internet can make us smarter. In other case, it can also make us more stupid. (Internet bisa membuat kita lebih cerdas. Pada kasus lain, internet juga bisa membuat kita lebih bodoh)

    Nah, itulah tadi penjelasan mengenai connectives dalam bahasa Inggris lengkap dengan contohnya. Semoga para learners bisa mengerti dan paham penjelasan di atas. Penulis berharap kita semua bisa mengambil manfaat dari tulisan ini. Jika tertarik untuk mempelajari materi lainnya, silahkan kunjungi artikel lain di blog kami yah. Happy learning!

    Mayang Sari My name is Mayang Sari. I am a student of IAIN Bone. I take English Education Department. I was born in Bone, 17th August 1998. I hope others can take advantages from this blog.

    Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Connectives Lengkap dengan Contoh "