Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Narrative Text : Pengertian, Struktur, Contoh dalam Bahasa Inggris

    Narrative Text : Pengertian, Struktur, Contoh dalam Bahasa Inggris


    Narrative Text merupakan jenis text dalam bahasa Inggris yang dipelajari pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Jenis Text Narrative tujuaannya untuk menceritakan sebuah cerita yang mengandung beberapa rangkaiaan peristiwa  atau kronologi yang saling berhubungan. Tujuan dari text Narrative adalah untuk menghibur para pembaca yang isinya berupa kisah atau cerita. 

    Sebelumnya, kami dari necerz.com telah menulis materi tentang  Materi Asking and Giving Direction dalam Bahasa Inggris. Nah sekarang, kami akan memberikan materi tentang Narrative Text.  Agar paham pada materi kali ini, kami sarankan untuk membaca keseluruhan pada materi  pada artikel ini.

    Definisi Narrative Text

    Narrative Text merupakan sebuah text atau tulisan yang menunjukan secara kronologis. Pastinya diantara kalian sering membaca, baik dari online atau offline seperti cerpen, novel  atau buku cerita. Biasanya, narrative text memiliki karesteristik untuk pembacanya, seperti:  Jika target pembacanya adalah anak SD maka alur ceritanya adalah pesan-pesan positif sedangan untuk target pembaca adalah sebaya atau dewasa maka alur ceritanaya akan complex dan panjang. 

    Genre alur cerita Narrative Text juga memiliki berbagai macam seperti:

    History : cerita yang berisi rangkayan fenomenal

    Myth : cerita yang berisi rangkaiaan tentang mitos

    Romance : cerita yang berisi tentang romantika

    Fable : cerita yang menunjukan hewan yang berperilaku manusia

    Horror : Cerita yang menunjukan ngeri (ketakutan)

    Fairytable : cerita tentang fiksi (Dongeng)

    Tujuan Narrative Text

    Seperti yang telah kami tulis diatas pada pembukaan bahwa, narrative text memiliki tujuan untuk menghibur dengan suguhan cerita sedemikian rupah agar menarik.

    Tujuan narrative text adalah menghibur dan menarik minat pembaca dengan sajian cerita atau peristiwa dan memiliki beberapa konflik didalamnya. Pada akhir cerita diakhiri dengan keharmonisan atau menyedihkan.

    Text naratif tak hanya terbatas pada cerita yang berbau mistis, lagenda, dongeng, fable saja namun juga terdapat cerita petualang, misteri dan berbagai cerita. Intinya adalah narrative text menyajikan tentang cerita. Biasanya narrative yang diberikan di sekolah narrative text berupa cerita fiksi (dongeng atau lagenda.

    Jadi ketika disimpulkan, materi narrative text yang berikan oleh bapak dan ibu guru disekolah adalah Suggestive Narrative, itu artinya para membaca dapat memetik hikmata dari cerita tersebut. 

    Ciri-Ciri Narrative Text

    Narrative text juga memiliki bentuk tersendiri  seperti  halnya ciri dari teks yang lain. Berikut ciri-ciri narrative text yang kami rangkum di artikel ini.

    1. Jenis text narrative bisanya menggunakan kata kerja (active verb) past atau mengggunakan tenses simple past.
    2. Menggunakan kata benda (noun) untuk menggantikan kata benda orang Pronoun.
    3. Menggunakan kata sifat (adjective) untuk membentuk noun phrase.
    4. Menggnakan conjunction untuk membentuk urutan-urutan pada kejadian pada tulisan alur cerita pada narrative text.

    Struktur Narrative Text

    Struktur narrative text memiliki focus tersediri untuk rengkai untuk merangkai bangunan text nartif, seperti yang kami jelaskan dibawah ini:

    Orientation 

    Orientation merupakan sebah pendahuluan / pembukaan dari cerita narrative text. Pada langkah pertama ini, bisanya berisi tentang siapa, kapan, dan dimana alur cerita ini dimuat / ditetapkan. 

    Complication 

    Complication merupakan rangkaian paragraph yang meperkenalkan awal mula dimulai. Pada bagiaan ini, merupakan awal cerita yang kemudiaan akan berlanjut pada konflik, klimaks, dan anti klimaks pada alur cerita. Biasanya complication merpakn intraksi antar pelaku yang ada pada cerita naratif taxt.

    Resolution 

    Resolution merukan akhir dari alu cerita, pada bagian ini memberikan alur cerita untuk mengakhiri cerita agar berakhir. Seluruh permasalahan yang ada pada bagian complication maka harus diselesaikan pada materi ini. Alur cerita narrative text ini bisa diakhiri dengan happy ending atau sad ending.

    Re-orientation 

    Re-orientation merupakan penutup dari alur cerita yang bersifat obsional (besifat pilihan), artinya tergantung dari penulis, ingin ditambahkan atau tidak. Re-orientation bisa berisi tentang pelajaran moral atau pesan-pesan positif dari penulis.

    Contoh Narrative Text 

    Berikut contoh dari narrative text dalam bahasa Inggris dan contohnya.

    The Mermaid

    Orientation

    Once upon a time there was a princess who was suffering from witchcraft.

    Actually the princess is a very beautiful and kind person. Everyone loved him except his sister who was very jealous of him.

    If the princess still had her beauty, then every prince would prefer to marry her over his sister.

    Complications

    One day, the sister ordered a witch to turn a princess's beauty into an ugly face.

    The witch gave him a bottle of poison to add to the princess's diet. The poison will change the princess's appearance to be ugly.

    In the evening when dinner started, the sister added poison to the food for the princess. Nobody knows about that. The princess ate her food without realizing that there was danger in her food.

    After eating, at night, the princess's skin was blistered. The princess was hurt and she cried for help.

    No one could help him even the healers in the kingdom. The princess looks very scary like a monster. She is very sad and shy because someone is afraid of her. Then he ran away and away from the kingdom.

    He walked alone through the deep forest day and night. He was like a monster so no animal or predator would dare approach him. That made him even sadder.

    He walked until he reached the shore and then he felt very tired because he never took a break from walking.

    Resolution

    On that beach he began to sleep. She didn't realize that she had slept for three months and she woke up because a very handsome man came and woke her up.

    "Wake up poor prince." Said the man.

    "Oh, who are you? Why are you not afraid of me? "the princess asked.

    "I am the king of the sea. You have slept here for three months in agony. So, it's time for me to help you. I will return your beauty but after that you will never get your previous life. "Said the man.

    "Oh, my lord, you are very kind. I have lost my previous life, so I want to have a new life. What shall I do my lord? The princess asked.

    "Follow me to get closer to the sea."

    The princess followed the man into the sea. After touching the sea, the beauty of the princess returned to him. He was also surprised that half of his body was the body of a fish.

    “Now you cannot stay on land, princess, you will forever live in the sea like a fish. But don't be sad. I will marry you and you will be the queen of my kingdom. "Said the man.

    Since then, the princess has never returned to her homeland. The sea king married her and she became queen of the sea.

    Sometimes he appears in the stable to see the sun. Some of the tailors or fishermen who had seen her called her a mermaid.

    Putri Duyung

    Orientasi

    Dahulu kala ada seorang putri yang menderita karena sihir penyihir.

    Sebenarnya sang putri adalah orang yang sangat cantik dan baik hati. Semua orang mencintainya kecuali saudara perempuannya yang sangat cemburu padanya.

    Jika sang putri masih memiliki kecantikannya, maka setiap pangeran akan lebih memilih untuk menikahinya daripada saudara perempuannya.

    Komplikasi

    Suatu hari, saudari itu memerintahkan seorang penyihir untuk mengubah kecantikan putri menjadi wajah yang jelek.

    Penyihir memberikan sebotol racun padanya untuk ditambahkan ke makanan sang putri. Racun itu akan mengubah penampilan putri menjadi jelek.

    Pada malam hari saat makan malam dimulai, saudari itu menambahkan racun ke dalam makanan untuk sang putri. Tidak ada yang tahu tentang itu. Sang putri memakan makanannya tanpa menyadari bahwa ada bahaya di dalam makanannya.

    Setelah makan, pada malam hari, kulit sang putri melepuh. Sang putri merasa sakit hati dan dia menangis untuk meminta bantuan.

    Tidak ada yang bisa membantunya bahkan para tabib di kerajaan itu. Sang putri terlihat sangat menakutkan seperti monster. Dia sangat sedih dan pemalu karena ada yang takut padanya. Kemudian dia lari dan menjauh dari kerajaan.

    Dia berjalan sendirian melalui hutan yang dalam siang dan malam. Dia seperti monster sehingga tidak ada hewan atau predator yang berani mendekatinya. Itu membuatnya semakin sedih.

    Dia berjalan sampai dia mencapai pantai dan kemudian dia merasa sangat lelah karena dia tidak pernah istirahat dari berjalan.

    Resolusi

    Di pantai itu dia mulai tidur. Dia tidak menyadari bahwa dia telah tidur selama tiga bulan dan dia bangun karena ada seorang pria yang sangat tampan datang dan membangunkannya.

    "Bangun pangeran yang malang." Kata pria itu.

    “Oh, siapa kamu? Mengapa kamu tidak takut padaku? " sang putri bertanya.

    “Saya adalah raja laut. Anda telah tidur di sini selama tiga bulan dalam penderitaan. Jadi, inilah saatnya saya membantu Anda. Aku akan mengembalikan kecantikanmu tapi setelah itu kamu tidak akan pernah mendapatkan kehidupan sebelumnya. ” Kata pria itu.

    “Oh, Tuanku, Anda sangat baik. Saya telah kehilangan hidup saya sebelumnya, jadi saya ingin memiliki kehidupan baru. Apa yang harus saya lakukan Tuanku? ” sang putri bertanya.

    "Ikuti saya untuk lebih dekat ke laut."

    Sang putri mengikuti pria itu masuk ke laut. Setelah menyentuh laut, kecantikan sang putri kembali padanya. Ia juga heran bahwa separuh tubuhnya adalah tubuh ikan.

    “Sekarang kamu tidak bisa tinggal di darat, tuan putri, kamu akan selamanya hidup di laut seperti ikan. Tapi jangan sedih. Aku akan menikahimu dan kamu akan menjadi ratu di kerajaanku. " Kata pria itu.

    Sejak itu, sang putri tidak pernah kembali ke tanah air. Raja laut menikahinya dan dia menjadi ratu laut.

    Terkadang dia muncul di kandang untuk melihat matahari. Beberapa penjahit atau nelayan yang pernah melihatnya memanggilnya putri duyung.

    Penutup
    Berikut adalah materi Narrative Text : Pengertian, Struktur, Contoh dalam Bahasa Inggris yang dapat kami berikan pada kali ini. semoga apa yang kami berikan pada kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

    Posting Komentar untuk "Narrative Text : Pengertian, Struktur, Contoh dalam Bahasa Inggris"