Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Strategi Meningkatkan Kemampuan Speaking Bahasa Inggris

    Bahasa Inggris merupakan bahasa yang digunakan secara luas di seluruh dunia.

    Kemampuan Sepaking dalam bahasa Inggris menjadi keterampilan yang sangat berharga, baik dalam konteks akademik, profesional, maupun sosial. 

    Jika Anda ingin meningkatkan kemampuan speaking dalam bahasa Inggris, berikut ini adalah 20 strategi efektif yang dapat kamu terapkan.


    1. Perluas Vocabulary 

    Jika kamu adalah seorang pemula yang mau belajar bahasa Inggris. Kamu memerlukan landasan yang kuat! Vocabulary (kosakata) adalah pondasi yang kokoh dalam bahasa Inggris.

    Memiliki vocabulary yang mempuni adalah kunci untuk meningkatkan Speaking English. Nah, jika kamu ingin menigkatkan kosa kata bahasa Inggrismu, kamu harus:

    • Memahami vocabulary: Memahami vocabulary artinya adalah kamu harus mengetahui bagaimana cara penutur asli (bule) menggunakannya. Hal tersebut akan membuatmu gampang untuk menggunakannya secara natural dan vocabulary tersebut akan diingat selamanya.
    • Belajar Phrase: Ketika you sudah tahu cara mengenal vocabulary, sekarang mari berpindah di phrase (frasa), saya berikan sebuah gambaran tentang apa itu frasa. Phrase adalah gabugan kata yang memiliki makana, seperi: book store, beautiful woman, good enough, a black book, the beautiful widow in the house,.. dll. 
    • Mengetahui Idioms: Belajar bahasa baru, bisanya harus membiasakan dengan mengetahui Idiomsnya terlebi dahulu! Ideom merupakan kumpulan kata yang ditidak bisa diartika kata perkata, contoh, "up in the air" ketika diartikan kata perkata "di atas udara" namun arti sesungguhnya adalah "belum ada rencana".

    Saya akan memberikan tips untuk meningkatkan vocabulary dan phrases dalam bahasa Inggris:

    • Jika kamu mau mulai menghafal kosakat baru setiap hari. Kamu bisa memulinya dengan menghafal 1 kata saja dalam sehari, pastinya kamu akan mengetahui 165 vocabulary dalam setahun. Kamu bisa memperole di vocabulary app.
    • Tulislah kata atau frasa yang kamu tidak tahu artinya. Biasakan mendangar lagu, menonton TV, membaca buku atau berita dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mencoba memahami apa yang ingin disampaikan. Namun jika tidak paham kamu bisa menggunakan kamus digital.
    • Tulislah kata baru di kertas asturo. Vocabulary baru yang kamu dapat, kamu tulis di kertas asturo dan tempelkan di rumah yang sering kamu pergi, baiki itu kamar, kulkas, wc,... dll. Hafal dan lakukan secara terus menerus.

    2. Tingkatkan Pronunciation

    Mungkin kamu telah tahu banyak vocabularies, namun jika kamu tidak tahu cara menyebutkan kata dengan benar, itu sama saja kamu belum bisa speaking English. Seperti salah satu video the british comedy sketch

    Beberap alat yang bisaka kamu gunakan, jika kamu ingin meningkatkan pronunciation: 

    • Guanak kamus beserta audio. Kamu dapat gunakan Marriam - Webster. Cara penggunaannya: kamu klik simbol spiker kecil yang berada dibsamping kata untuk mendengarkan Pronunciation.
    • Ikuti podkes Bahasa Inggris. Kalian bisa kunjugi podcast dan other podcast akan memperkenalkanmu dengan American English Pronunciatio.
    • Tongue Twisters: Ini merupakan bagian yang melatih pronunciation, dengan menyebutkan kata yang hampir sama penyebutannya dengan cepat akan meningkatkan speaking Englis kalian sob. Kamu bisa melatihnya disini sob.

    Menonton Vidio:  Salah satu cepat agar meningkatkan pronunciation dengan terbiasa menonton seperti vidio di sini

    3. Membaca Banyak Buku-Buku yang Berbahasa Inggris

    Tips tebaik dalam membaca dalam bahasa Inggris adalah dengan membaca sebanyak mungkin yang kamu bisa. Dengan membiasasakan membaca, otak otomatis akan mencerna gabungan kata dengan sendirinya.

    Kembali lagi yah, gunakan kamus bahasa Inggris jika kalian mendapatkan kosakata baru. Sebenanarnya, terdapat artikel tentang reading yang kami telah sediakan disini.

    4. Pelajari Bahasa Inggris Senatural Mungkin

    Sebenarnya, rahasia Speaking fluently dalam Bahasa Inggris ada pada kalimat, sama halnya dengan reading  atau listening. Silahkan simak dibawah: 
    • Contraction: Contraction merupakan penggabungan dua kata agar lebih pendek, Contoh: I + have = I'v dan is + not = is't.
    • Stress: Stres adalah penekanan cara penekanan kata atau kata-kata di sebuah kalimat. Penenekanan sebuah kata dapat merubah makna kalimat
    • Rhythem: Sepertinya tambah bingung jika rhythem dan stress bergabung. Cobalah meninggalkan jejak di Sini.

    5. Belajar bahasa Inggris secara Spesifik

    Bahasa Inggrismu akan cepat meningkat jika kalian tahu alasan mengapa kalian belajar bahasa Inggri.

    Contoh :

    Apakah kamu belajar bahasa Inggris karna kamu Inggin pegi ke Amerika? Tentunya kamu belajar harus belajar American Accent.

    Apakah kamu belajar bahasa Inggris agar kamu mendapatkan pekerjaan di luar negeri? Pada situasi ini, English Bisnis akan membantu kalian.

    Melangka lebih jauh lagi.

    • Dalam meningkatkan speaking skills, kamu perlu tahu bawa kata dan frasa digunakan saat berbicara haruslah tepat. Jika kamu berbicara dengan yang tua maka akan berbeda jika kamu berbicara dengan yang lebih muda. 
    • Jika kamu paham akan hal ini, maka kamu akan mempu mengembangkan speaking skill yang sedang diasa saat ini.

    6. Bangun Kepercayaan Diri dalam Megasah Speaking Skills

    Kepercayaan diri adalah kunci untuk sukses dalam mengembangkan speaking skill. 

    Ini merupakan beberapa tips untuk membangun kepercayaan diri: 

    • Mulailah berbicara tanpa gagap. Kalian bisa memulainya berbicara didepan cermin, sebelum memulai berbicara dengan orang lain. 
    • Berbicaralah tanpa menghiraukan Grammar (tata bahasa). Pastinya grammar sagat penting dalam bahasa, akan tetapi fokusmu skrng bukan pada grammar tapi bagaimana meningkatkan speaking skills
    • Mulai berbicara dengan Turis (orang luar negeri). Nah, setelah kamu berlati berbicara di depan cermin, sekarang waktunya untuk berbicara dengan penutur asli. Semakin terbiasa anda berbicara bahasa Inggris maka semakin bagus speaking skill kalian.
    • Jangan takut salah dalam speaking. Tulislah beberapa kesalahan, jagan ambil sebagai alasan untuk tidak memulai berbicara, ambillah kesalahan sebagai tekat untuk terus mengembangkan speaking skills.

    7. Cari Tutor Bahasa Inggris

    Jika kamu merasa bosan dan jenuh dalam meningkatkan speaking dalam Bahasa Inggris, maka kamu dapat untuk mencari tutor di sini

    Alasan kuat untuk mencari tutor adalah karena ketika kamu membuat kesalahan dalam speaking bahas Inggris, tidak ada yang mengkoresi kesalahanmu.

    8. Cari Role Model dan Tiru

    Sekrang masuk pada pembangunan pondasi kuat dalam speaking bahasa Inggris. 

    Role mode merupakan sebuah yang dapat kita tiru. Dalam metode bahasa Inggris di sebut shadow speech. 

    Shadow speech berarti mendengarkan bagaimana orang barat atau netive berbicara, dan mencoba meniru sebisanya.

    Dibawah ini merupakan tips shadow speech:

    • Carai video yang  kamu suka dalam bahasa Inggris. Cobalah mencari video bahasa Inggris, satu atau dua orang beeinteraks, tapi yang lebih vidio yang menarik bagi kamu!
    • Tonton video berkali kali. Cobalah untuk mengaktifkan subtitel dan berusahala mengerti topik apa yang sedang dibahas pada vidio tesebut. Ets, jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana orang di dalam video tersebut berbicara.
    • Silahkan putar kembali videonya. Setelah selesai orang di dalam vidio berbicara, sekarang ulagi seperti apa yang dikatakan dalam vidio. Coba untuk meniru sepersis mungkin baik itu iram, kecepatan bicaranya dan logatnya.
    • Ulangi dan ulangi sebisa kalian. Setelah merasa sama, maka langkah selanjutnya adalah dengan berbicara sambil direkam, kemudian bandingkan deng isi videonya aslinya.

    9. Belajar Sambil Bernyayi

    Apakah kamu tahu bahwa memyayi adalah salah satu cara menigkatkan bahasa Inggris? Dengan lagu barat kalian dapat menguasai rythem, intonasi, dan pola bicara bahasa.

    Kamu bisa sengan melakukan:

    • Coba karoke: Kamu bisa berkarokean dengan Sing King . Pada kanal yotube ini, memberikan lagu-lagu bahasa Inggrisbyang terkenal di dunia. Kamu dapat mencari mencari baik itu genre dan artis. Contoh kamu mencari lagu rok sepeti She's Gone.
    • Caba lagu Rep: Musik Rep merupakan salah satu cara untuk meningkatkan spiking skills kamu, karena rep penyebutan sama dengan berbicara. Iyya tentu saja, rep itu agak sediki cepat, tapi itu adalah sebuah tantangan. 

    10. Menceritakan Sesuatu 

    Cobalah untuk menceritakan sesuatu yang kamu ketahui. Seperti:

    • Pilih cerita rakyat yang kamu ketahui. Tujuan utamanya adalah bagaimana cerita rakyat tersebut dapat tersampaikan dengan jelas.
    • Berbicara lah dengan lancar. Coba berbicara dengan lancar dan dengan keras.

    Bisa dengan menceritakan cerita bahasa inggris yang lain. Tapi ingat, jagan sampai kata dan kalimat yang ada dalam cerita sama dengan yang diceritakan!

    11. Berbicara dagan Diri Sendiri Menggunakan Bahasa Inggris

    Terkadang kita takut berbicara bahasa Inggris dengan orang lain, apakah karna takut atau malu. Nah, pada kasus ini jagan takut, kamu bisa mencoba dengan dirimu sendiri.

    Kamu bisa mencobanya disini:

    • Menceritakan kehidupan sehari-hari. Itu berati kamu menceritakan apa yang kamu lihat dan rasakan. Kamu dapat menceritakaanya apabyang kamu lihat dengan tegas. 
    • Merekam diri sendiri. Kamu bisa memperbaiki pengucapanmmu dengan merakam dirimu sendiri dan mulai berbicar berbicara.

    12. Berlati Berfikir dalam Bahasa Inggris

    Menigkatkan speaking dalam bahasa Inggris adalah dengan belajar berbicara dengan berfikir.

    Ketika kamu berfikir dalam bahasa Inggris, kamu akan dengam mudah berbicara bahasa Inggris. Kamu tidak perlu memikirkan apa yang telahbkeluar dari mulut mu, karna itu bukan bahasa kita.

    Untuk mencoba berdikir dalam bahasa inggris kamu bisa coba:

    • Usahakan selalu menggunakan bahasa Inggris setiap hari. Tanamkan dalam dirimu untuk terus menggunakan bahasa Inggris.
    • Buatlah Diary yang berbahasa Inggris. Jika kamu mencari kebiasaan, maka kamu bisa menggunakan diary sebagai pilihan. Kamu dapat menulis semua tentang hidupmu menggunakan bahasa Inggris.

    13. Beringraksi Dengan Google Asisten

    Sekarang terdapat app Google Asisten yang dapat kalian ajak untuk berintraksi dalam bahasa Inggris. 

    Jika kamu ingin berinteraksi:

    • Atur bahasanya ke dalam Bahasa Inggris. Jelas dia tidak akan paham jika bahasanya menggunakan bahasa Indonesia.
    • Mencoba untuk berintarksi. Kamu bisa mengucapkan, "Hi google, what day is today?"
    • Fokus pada apa yang dia katakan. App tersebut akan memberitahumu apapun yang di dengar. Hal tersbut akan bermanfaat bagi kamu, karena akan meberikan informasi, baik itu pronunciation, grammar, dan new words.
    • Cobalah berintraksi sejelas mungkin. Kate google asisten tidak berintraksi deng ekspresi tubuh, dia hanya mengandalkan sebuah kata.
    • Tetap ingat google asissten adalah mesin dan terkadang eror. Beberapa kurangan yang sering muncul kare masih perluh untuk dikembangkan.

    14. Kursus Online  Khusus Speaking Class

    Banyak tempat kursus yang betebaran di internet yang dapat membantu dalam pengembagan speaking skilmu.

    Contoh: 

    Jika masih kurang disini kalian kunjungi.

    15. Berkomunikasi dengan Bule Melalui Chat

    Pada sekarang ini banyak cara agar bisa berkomunikasi dengan orang luar negeri guna meningkatkan Speaking Skill. 

    Kamu dapat mencoba dengan:

    • Facebook
    • Ome TV

    Kalian bisa mencari teman orang luar negeri dan mulai untuk berkomuni kasi.

    16. Bertukar Bahasa 

    Baru dengar yah? Sebenarnya tedapat beberapa web yang menyesiakan tempat untuk salang bertukan bahasa. 

    Kalian bisa kunjungi: 

    • Language Exchange
    • My Language Exchange
    • Conversation Exchange

    17.Cari Kelompok Bahasa

    Kalian tak perluh mengeluarkan banyak uang keluar negeri untuk hanya berbicara dengan bule.

    Terdapat beberapa tempat untuk berkomunikasi baik offline maupun online untuk skill Speking kamu.

    • Event: Biasanya universitas mengadakan kegiatan, seperti per lombaan teater bahasa Inggris, seminar bahasa Inggria, story telling dan masih banyak kegiatan lainnya.
    • Language Cafe: terkadang di sebuah kota terdapat cafe yang khusus disediakan untuk belajar bahasa inggris. Nah kalian bisa memanfaatkan untuk datang dan mulai berkomunikasi.
    • English Camp: English camp biasanya diadakan untuk mengembangkan keteram pilan berbasa Inggris. Seluruh peserta yang ikut biasanya di pantau dan diwajibkan English are.

    18.  Pergi Keluar Negeri

    Jika kalian memiliki bajet, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Inggris atau America untuk mengembangkan speaking skills kamu.

    Tampa pindah negara kalian bis mencoba Jalan-jalan: 

    19. Gunakan Aplikasi dan Sumber Daya Online

    Ada banyak aplikasi dan sumber daya online yang dirancang khusus untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris.

    Gunakan aplikasi penerjemah, aplikasi belajar bahasa Inggris, dan sumber daya online seperti video tutorial dan materi pelajaran interaktif.

    Luangkan waktu untuk menjelajahi pilihan yang tersedia dan temukan yang paling sesuai dengan gaya belajar Anda.

    20. Pergi di Pare Kediri

    Pare merupakan kampung Inggris yang dapat menjadi alternati untuk mengembangkan speaking skill.

    Kalian bisa dapat:


    • Tempat kursus Banyak pilihan, di Kampung Inggris tedapat lebih dua ratus kursus baik remi maupun tidak. 
    • Bisa memiliki bayak teman untuk mulai berbasa. Orang dikampung inggris disebuh penjuruh Indonesia. Kalian bisa mengembangkan skill speaking skill.

    Yang kesana silahkan baca!

    Dalam rangka meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris, perlu diingat bahwa konsistensi dan ketekunan sangat penting. 

    Terus berlatih, jangan takut membuat kesalahan, dan nikmati proses belajar Anda. Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berbicara bahasa Inggris Anda. 

    Selamat belajar dan berbicara bahasa Inggris dengan percaya diri!

    Posting Komentar untuk "20 Strategi Meningkatkan Kemampuan Speaking Bahasa Inggris"