Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap Announcement Text dalam Bahasa Inggris


    Announcement Text - Hi para learners, pada kalai ini saya akan membagikan materi Announcement text. Tes tersebut sering muncul dalam pelajaran bahasa Inggris baik itu di Sekolah Menegah Pertama (SMP), Sekolah Menegah Atas (SMA), di Perkuliahan bahkan dalam kehidupan kalian sehari hari.

    Text Announcement atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan pengumuman ini merupakan salah satu topik yang sering muncul pada waktu belajar bahasa Inggris di jenjang SMP, SMA, kuliah bahkan pada saat bekerja.

    Announcement Text sangatlah penting dan akan bermanfaat baik itu untuk menghadapi ujian nasional membuat pengumunan bahasa Inggris di Kantor.

    Di artikel ini saya akan memberikan defenisi Announcement , struktur, unsur kebahasaan dan beberapa contohnya yang akan membuat kalian paham tentang pengumuman dalam bahasa Inggris

    Tanpa banyak basah basi lagi yuk langsung saja pada peembahasan materi Annuncement textnya.

    What is Annucement Text?


    Announcement text atau dalam bahasa Indonesia pengumuman adalah sebuah teks resmi atau teks pernyataan untuk menyampaikan informasi atau suatu hal keda sekelompok orang atau umum.

    Namun patu digaris bawahi bahwa tidak semua orang akan mendengar pengumuman ini. Announcement text juga sering berikan dengan bentuk tulisan dan lisan. Pengumuman yang berbentuk tulisan biasanya dijumpai di papan informasi, koran, atau majallah, sedangkan untuk lisan kadang didapat guru mengumunkan disekolah, orang di mesjid, atau di tempat umum lainnya.

    Nah pada artikel ini, hanya berfokus pada pengumuman yang berbentuk tulisan.

    Apa Saja Jenis text Announcement Text?


    Adapun beberapa jenis teks pengumuman meliputi:

    Memberikan Materi Duka

    Memberitakan Orang Hilang

    Pengumiman Lowongan Kerja

    Membuat Iklan

    Laporan Kegiatan

    Laporan Acara

    Himbauaan Pemerintah

    Apa Fungsi Announcement Text?

    Adapun fungsi announcement text adalah untuk memberikan atau menyampaikan informasi mengenai informasimasi baik itu acara, lowongan kerja, penerimaan mahasiswa baru dan lain lain.

    Informasi yang diberikan berbentuk formal yang ditujukan untuk masyarakat umum atau kalangan tertentu.

    Apa Saja Struktur Announcement Text?


    Dalam Struktur Announcement text, terdapat 2 yang sangat penting yaitu Title (judul) dan Explanation.

    Title (judul)


    Title merupakn bagian yang sangat penting, sebab tujuan judul untuk memperlihatkan isi keseluruhan pengumuman atau informasi (namun tekadang artinya diinplisitkan) yang ada pada announcement text.


    Explanation  (Penjelasan)


    Explanation pada bagian ini diisi dengan informasi lanjutan dari judul yang ada pada pengumuman. Explanation terdapat tiga informasing basic yang berisi: Jenis Kegiatan (Type of Event), Tanggal dan Waktu (Date and Time), Tempat (Place), Partisipan (Participant), Alamat (Address), Orang yang Dapat Dihubungi (Contact Person).

    Bagaimana Unsur Kebahasaan Announcement text?


    Pada penulisan Announcement text, tenses yang digunakan adalah simple present tense dan simple future tense.

    Simple Present


    Simple Present adalah sebuah tensis yang digunakan untuk waktu sekarang atau kejadian yang berulang ulang. Simple Present merukan tenses yang sangat sering digunakan.

    Simple Future


    Simpel Future adalah sebuah tenses untuk kejadian masa mendatang dan berakhir di masa mendatang.

    Contoh Announcement Text


    ANNOUNCEMENT

    To : All Students of New English Courese (NEC)

    There will be a party ceremony on Friday in NEC, 14 8th 2020, to welcome the English Course students Program from NEC in our auditorium. All students uniforms and must be polite. Be punctual!

    Penutup 


    Itulah penjelas lengkap materi lengkap announcement text dalam bahasa Inggris semoga apa yang diberikan bisa bermanfaat bagi kita semua. Juka memiliki saran dan saran silahkan memberikan komentar anda di bawah namun ketika kalian suka silahkan share agar teman teman lain juga mendapatkan.

    Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Announcement Text dalam Bahasa Inggris"