Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ciri-ciri dan Macam-macam Descriptive Text dalam Bahasa Inggris

    Mengenal Ciri-ciri dan Macam-macam Descriptive Text dalam Bahasa Inggris


    Hi, para pelajar bahasa inggris baik yang bersekolah maupun tidak, pada kali ini saya memberikan materi descriptive taxt yang bisanya ditemukan pada pembelajaran di sekolah formal dan Informal.

    Pada kali ini saya akan memberikan materi mengenai decriptive text, baik berupa Apa itu Decriptive text, Ciri-ciri Descriptive Text dan Macam-macam Decriptive text.

    Apa itu Descriptive Text?


    Descriptive text merupakan salah satu jenis tes pada bahasa Inggris yang menggambarkan secara jelas karesteristik, sifat baik itu benda hidup (manusia, hewan, tumbuhan, dll)  dan benda mati (batu, buku, pulpen matahari, dll).

    Tujuan dari descriptive text adalah untuk memberikan informasi dengan jelas objek yang ditujukan kepada pembaca.

    Apa Ciri-ciri Descriptive Text?


    Biasanya tes satu ini selalu menggunakan tensis simple present tense. Penggunaan tenses tersebut karena descriptive text mendeskripsikan fakta-fakta yang melekat pada objek yang dideskripsikan. Salah satu fungsi simple present tense adalah untuk menunjukan fakta dan sebuah kebenaran.

    Sebagai contoh, jika kamu ingin mendeskripsika sebuah motor, kamu bisa menggunakan kalimat seperti:

    My motorcycle is Yamaha.

    The color is blue.

    Menggunakan banyak kata sifat, sebab funsi dari descriptive text adalah untuk memberikan informasi sebuah objek atau benda yang sedang dideskripsikan. Maka dalam descriptive banyak kata sifat (adjective) (beautiful, small, big dan lain) yang dijumpai.

    Selain menggunakan simple present tenses, descriptive text juga banyak dijumpai kata kerja penghubung (linking verb). Linking verb adalah sebuah kata kerja yang menjelaskan subjek dari sebuah kalimat.

    Bagaimana Aturan-aturan Descriptive Text?


    Descriltive text tentunya memiliki aturan-aturan tersendiri terkhusus pada bentuk strukturnya:

    Identifikasi (Identification)


    Identifikasi terletak pada paragraf pertama yang berujuan untuk mengidengifikasi sebuah objek yang ingin dideskripsikan. Identification difungsikan untuk memperkenlakan objek yang ingin dideskripsikan. Setelah itu menjelskan secara rinci mengenai objek tersebut pada paragraf selanjutnya.

    Contoh:

    Mengenal Ciri-ciri dan Macam-macam Descriptive Text dalam Bahasa Inggris
    Contoh dari Identifikation



    Deakripsi (Description)


    Bagian ini terletak pada paragraf kedua yang bertujuan menjelaskan secara rinci tentang objek yang ingin dijelaskan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa descriptive text kata yang biasanya banyak digunakan seperti kata sifat.

    Contoh:

    Mengenal Ciri-ciri dan Macam-macam Descriptive Text dalam Bahasa Inggris
    Contoh Descripsi


    Penutup


    Itulah penjelas mengenai materi decriptive text yang dapat kami berikan pada kali ini. Semoga apa yang kami berikan pada kali ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.




    Posting Komentar untuk "Mengenal Ciri-ciri dan Macam-macam Descriptive Text dalam Bahasa Inggris"