-->

  • Public Speaking: Kenali Cara untuk Berbicara di Depan Umum

    Konten [Tampil]

    Hy, sobat, pada kali ini, penulis akan memberikan pemaparan tentang  Public Speaking. Terkadang berbicara didepan umum membuat beberapa orang keringat dingin sehinnga dijadikan sebagai momok menakutkan pada dirinya. 


    Ketidak mampu berbicara didepan umum terkadang menjadi kendala anda dan akhirnya tidak diterima di tempat kerja, tidak mampu untuk mempermosikan jualan, atau tidak mampu bersosialisasi pada lingkunagan sekitar. Untuk mengetahui Public Speaking langsung saja pada teorinya di bawah ini.

    Apa itu Public Speaking?


    Public Speaking adalah memberikan pemamaparan baik berupa pidato, cerama, presentasi, pada audiens (pada orang banyak). Tujuan public speaking untuk mendidik, menghibur atau mempengaruhi orang yang mendengarnnya.

    Keberhasilan peresentasi pada  audiens tentunya tidak hanya dilakukan dengan berbicara saja tetapi jugan degan menggunakan Body language. Body language merupakan bahasa tubuh yang sangat berperan dalam menentukan hasil public speaking karena berbicara tampa gerakan membuat presentasi yang dilakukan menjadi kaku atau tidak intranktif.   

    Sejarah Public Speaking


    Public speaking sudah digunakan pada zaman Yunani Kuno. Pada saat itu warga Yunani melakukan pertemuan dipasar yang disebut AGORA untuk berdiskusi masalah isu-isu politik dan ekonomi. Di tahun 594-593 MS. Semua orang diberikan wewenag untuk memberikan pendapat atau menentukan hukum di Lembaga Pengadilan Rakyat oleh Sage, Solon. Di era itu belum ada pengacara sehingga para warga harus mampu berkomusiskasi atau menyampaikan pendapatnya demi dirinya dan keluarganya dengan tujuan memperoleh keadilan.

    Sebutan yang popular pada kala itu adalah retorika yang diperkenalkan oleh Socrates yang disebut bapak retorika. Retorika adalah teknik mempengaruhi orang lain (bersilat lida) yang dilandasi oleh kebenaran. Namun semenjak Roma masuk untuk berkuasa,, public speaking digunakan  untuk membentuk pemerintahan Senat Romawi. Retorika diadopsi dan diajarkan pada masyarat pada masa itu. Pada abad 20, public speaking  tersosialisakiakan di benua eropa.


    Pentinnya Public Speaking 


    Public Speaking sangat penting untuk dikuasi di duania bisnis maupun pendidikan. Bisnis adalah usaha yang harus dipermosikan atau dipresentasikan pada orang lain sedangkan pendidikan adalah proses ajar mengajar yang memerlukan teknik penyampaian materi untuk membuat orang mengerti tentang apa yang akan diajarkan sehingga public speaking dirasa penting. Berikut alasan pentingnya mengetahui ilmu public speaking:
    1. Akan meningkatkan rasa percaya diri
    2. Dapat menarik perhatian audiens
    3. Kualitas diri akan meningkat,
    4. Berfikir kritis

    Menjadi Pembicara di Depan Umum yang Baik


    Untuk menjadi public speaker yang baik, harus mempersiapkan beberapa poin penting dengan matang. Dalam tulisan ini, penulis mengkonsep beberapa cara untuk menjadi pembicara yang baik.

    Tips yang pertama adalah Membangun Kredibilitas

    Untuk menjadi public speaker buatlah diri anda berkulitas. Orang yang akan mendegarkan anda tentunya akan melihat latar belakang. Maka, untuk memulai public speaking guanakan data dari sumber terpercaya.

    Tips yang kedua adalah Belajar Berkomunikasi Spontan

    Berbicara spontan sangat penting pada komunikasi formal. Di dunia kerja misalnya, rapat dan diskusi dibutuhkan komunikasi spontan bukan menghafal teks karena dapat terlihat kaku, tidak ada sinergi antara pembicara dengan audience.

    Tips yang ketiga adalah Membuat Headline untuk Materi yang Akan Disampaikan.

    Menulis headline atau garis besar mengenai topik yang akan disampaikan lebih baik dibanding menulis semua teks secara rinci. Dengan headline tersebut, pembicara akan memaparkan pemahamannya secara spontan.

    Tips yang keempat adalah Berinteraksi dengan Audience

    Berinteraksi dengan audience, bukan hanya memberikan umpan balik pada saat persentasi melainkan menggunakan body language, misalnya eye contact.

    Tips yang kelima adalah Menyelipkan Candaan

    Proses interaksi dengan audience membutuhkan humor agar bisa mencairkan suasana dan menghilangkan kebosanan. Perlu diperhatikan bahwa candaan yang digunakan berkaitan dengan tema dan tidak menyudutkan pihak tertentu.

    Kesimpulan


    Public speaking adalah cara atau teknik untuk meyampaikan informasi. Untuk menjadi public speaker yang baik diperlukan kerja keras untuk latihan berbicara spontan dan menyediakan beberapa pendukung lainnya.

    0 Response to "Public Speaking: Kenali Cara untuk Berbicara di Depan Umum"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel