Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips & Metode Agar Membaca Buku Dapat Membuatmu Cepat Paham


    Mungkin kamu adalah satu orang diantaranya yang membaca buku, namun tidak pahan akan maksud sebuah tulisan yang dibaca.

    Pada kali ini kami dari tim penulis NEC ingin memberikan tips serta metodeni yang akan membuatmu cepat paham pada isi dari buku  yang kamu baca.

    Mudah-mudahan setelah membaca tips dan metode yang akan kami bahas, mampu membuat kamu memamahami isinya yah. Ok langsung saja pa inti pembahasan:

    Tips dan Cara Cepat Paham Pada Bacaan

    Memiliki target

    Pada poin pertama ini yang kalian harus lakukan adalah memahami target karena menurut penulis, kamu membaca pasti amemiliki target yang kamu ingin gapai.

    Mungkin kamu ingin membuat makalah atau ingin membuat karya ilmiah lain, atau mungkin juga hanya ingin memahani isi buku agar mampu mengajarkannya. 

    Review buku

    Untuk memudahkan kamu dapat membaca buku, maka usahakan untuk mereview buku yang ingin kalian baca. Sama halnya jika kalian ingin menonton filem, terdapat trailer. Lakukan lah hal tersebut agar bisa memahami maksud dan tujuan dari buku.

     Tis dari saya, ketika ingin membaca usahan juga memperhatikan judul, subjudul dan kata yang ditulis menggunakan bold.

    Jangan Membaca Kata Perkata

    Salah satu penyebab orang tidak memahami isi bacaan karna mereka tidak fokus pada konteks yang mereka baca namun hanya fokus pada kata.

    Jika dirasa sulit untuk membaca dan membuat kamu tidak bisa membaca kata perkata maka kalian bisa mengunakan telunjuk untuk tetap fokus.

    Hindari Membaca Setiap Teks

    Dartmouth  mengatakan “memaba setiap teks pada buku merupakan aktifitasa masa kuno” oleh karna itu kamu fokus saja pada apa yang kalian perioritaskan.  Akan tetapi ada pengucualian pada bacaan yang dianggap penting untuk dibaca ketika seksama. Untuk mendapatkan poin-poin pada bacaan maka usahakan untuk jelih pada apa yang kalian baca.

    Jangan Membaca Ulang

    Stay focus merupakan hal yang akan terhindar pada pembaan ulang. Untuk menghindari hal tersebut maka usahakan untuk membaca pada tempat yang tenag dan jangan perna memaca di tempat dimana kamu tidak konsentrasi.

    Gunakan Timer

    “Time is money” itu adalah pepata yang sering didengungkan oleh orang luar negeri (orang barat). Jadi usahakan untuk mendapatkan waktu yang bermanfaat gunakanlah timer untuk
    penanda agar kamu bisa meminimalisir waktu yang kamu punya pada bacaan tersbut.

    Buat Resume

    Usahan ketika kamu selesai membaca, kamu harus selalu menulis poin-poin pada bacaan agar membantume cepat paham. Hal tersebut bisa mengbantumu agar cepat paham dari. Hal ini merupakan tahap yang sangat penting.

    Lihatlah Contoh Yang Di Paparkan Pada Kosakata Tersebut

    Para pembaca akan kebingungan ketika menemukan tentang kata asing pada bacaanya. Akantetapi masih ada para penulis buku yang memberikan contoh-contoh pada tulisanya untuk menguraikan konsep mereka. Namun pada bacaan tersebut tidak terdapat bacaan maka tetaplah membaca karena bisa saja menulis contohnya pada halaman senjutnya.

    Mendengrkan Musik

    Taugah si, jika musik sangat membantu kamu untuk memahami bacaan, dengan menggunakan earphone kalian bisa relax membaca buku kesayangan kamu. Jangan lupah ya, dengarlah music yang membuatmu semangat  janagan musik  galau atau musik rok.

    Selanjuanya, terusla membaca dan jangan patah semangat karena membaca kalian bisa menghancurkan kebodohan. Buku merupakan jendela ilmu.

    Itulah beberapa tips an metode agar capat pahaman pada bacaan buku kamu, mudah-muhan bermanfaat.



    Mr. Nadi Nama lengkap dari Mr. Nadi adalah Rahmat Isnadi. Iya merupakan aulumni Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Bone. Ia lahir pada 03 Nevember 1994. sekarang mengajar di tempat Kursus New English Course NEC.

    1 komentar untuk "Tips & Metode Agar Membaca Buku Dapat Membuatmu Cepat Paham "