-->

  • Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Obat Alami dan Obat Medis

    Konten [Tampil]


    Dari sekian banyak penyakit  yang ada didunia ini, sakit gigi adalah salah satu jenis penyakit yang cukup menyiksa.

    Semua orang tahu bahwa sakit gigi adalah salah satu penyakit yang cukup banyak penderitanya karena beberapa faktor utama yang meyebabkan sakit gigi adalah gigi berlubang, gigi sensitif, tumbuhnya gigi bungsu geraham, gigi retak, dan berbagai permasalah kesehatan gigi lainnya
    selain membuat penderitanya merintih sepanjang waktu, sakit gigi juga menjadikannya sebagai orang yang bertemperamental dan terkadang menyebabkan sakit kepala dan badan meriang disertai demam. 

    Jangan khawatir karena penyakit tersebut, sebab sakit gigi umumnya bukan penyakit yang berbahaya, bisa langsung diatasi dengan mengonsumsi obat sakit gigi yang bisa kalian dapatkan di apotek terdekat, atau juga menggunakan obat sakit gigi alami yang membut penderitaanmu dapat hilang.


    Berikut Daftar Nama-Nama Obat Alami dan Obat Medis Perlu Dicoba




    Jika Anda sedang mengalami sakit gigi, anda merasa solusi terbaiknya adalah segera pergike dokter gigi. Akan tetapi dokter biasanya menyarankan untuk kembali lagi di lain ketika sakitnya telah hilang. Dokter gigi tidak akan melakukan pengobatanjika gigi Anda tengah nyeri.

    Obat Alami


    Berkumur-kur air garam



    Salah satu cara untuk mengobati sakit gigi yang sangat cepat dan paling ampuh, apa pun apapun gejalanya bisa di obatai denagan berkumur air garam.

    Cara pembutannya sangat gampang, cukup dengan melarutkan garam sebanyak ½ sdt di dalam satu gelas air hangat (240 ml).

    Kumur-kumur selama beberapa menit, konsentrasikan pada area yang sakit. Kemudian buang bekas air kumur.

    Garam akan menyerap kelembapan dalam mulut yang membantu membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Air garam juga membantu mengurangi peradangan akibat infeksi.

    Sebelum berkumur, Anda bisa membersihkan sela-sela gigi lebih dulu untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di sekitar gigi yang sakit.

    Mengompres Es Batu



    Cara mengobati sakit gigi yang kedua adalah dengan mengompres es Batu dengan cara memasukkan beberapa bongkah es batu ke dalam plastik kemudian lapisi dengan kain tipis.

    Selanjutnya, tempelkan kompres tersebut di bagian pipi yang terasa sakit sekitar 15 menit. Anda juga dapat menempelkan langsung pada permukaan gigi yang ngilu.

    Cara ini akan membuat saraf gigi menjadi beku sehingga ngilu yang dirasakan akan hilang.
    Ada satu lagi trik lagi yang bisa Anda coba dengan menggunakan kompres es batu,. Pijat area punggung tangan di antara ibu jari dan telunjuk dengan menggunakan es batu.

    Pada area tersebut ada saraf-saraf yang sensitif terhadap rangsangan “dingin” sehingga akan mengurangi sinyal rasa sakit dari gigi Anda.

         Mengunya bawang mentah


    Jika sakit yang anda rasakan tidak terlalu nyeri, cukup mengobatinya dengan mengunyah  bawang merah dan bawang putih yang masih mentah.

    Kedua bawang tersebut merupakan obat sakit gigi alami yang belum banyak diketahui orang-orang.
    Kedua obat ini, memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang digunakan membunuh bakteri penyebab sakit gigi sekaligus mengurangi rasa nyerinya.

    Adapun tata cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bawang merah adalah dengan mengunyahnya selama beberapa menit.

    Ketika bawang merah tersebut terkoyak oleh gigi, bawang akan mengeluarkan allicin yang merupakan zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri.

    Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang secara langsung maka anada peat mengiris tipis dan letakkan langsung di gigi yang sakit sebagai kompres.

          Kumur pakai cuka



    Jika anda kurang tertarik menggunakan beberapa cara yang di atas untuk mengobati sakit gigi, anda bisa mencoba untuk menggunakan cuka dapur dan cuka apel.

    Kedua cuka ini mengandung sifat anti bakteri dan anti mikroba  yang mampu membunuh kuman atau bakteri jahat penyebab sakit gigi.

    Tapi, jangan coba-coba berkumur degan cuka murni karena dapat merusak lapisan enamel gigi. Hal itu bisa memperparah kondisi kesehatan gigi anda.

    Anda cukup melarutkan ½ sdt cuka dengan segelas air hangat, kemudian berkumur sambil menahan di bagian yang sakit sekitar 30 detik. Setelah itu, segera buang.

    Namun, jika anda tidak tahan dengan rasa masam dari cuka, anda bisa meneteskan beberapa tetes cuka pada kapas dan menempelkannya pada gigi yang sakit.

    Setelah itu, berkumurlah dengan air bersih dan sikat gigi dengan menggunakan pasta gigi khusus gigi sensitif.

          Minyak cengkeh


      

    Minyak cengkeh adalah salah satu obat alami untuk mengatsi sakit gigi, minyak ini terdapat senyawa eugenol yang merupakan zat anestasi.

    Akan tetapi, perlu diperhatian bahwa salah memasukka minyak cengkeh pada mulut anda akan merasakan rasa sakitnya akan semakin parah apabila sampai mengenai lidah atau gusi yang sensitif.

    Cara amannya, anda tuangkan dulu dua tetes minyak cengkeh ke  bola kapas, lalu simpan pada gigi yang bermasalah dan tunggu sampai rasa sakitnya mereda.

    Selain itu, anda juga dapat mengguak cengkeh bubuk atau cengkeh utuh kemudian simpan pada lokasi gigi yang sakit, setelah itu anda dapat berkumur untuk membersihkan sisa-sisa cengkeh yang tertinggal dalam mulut.

           Daun jambu




    Daun jambu merah juga merupakan obat sakit gigi karena memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan juga pereda nyeri (analgesik) yang bisa mengobati sakit gigi anda.

    Cara menggunakan daun jambu degan melipat satu atau dua lembar daun jambu, kemudian anda kunyah sampai airnya keluar. Kemudian usahakan lida anda untuk membawa sari tersebut ke area gigi yang sakit.

           Jahe



    Jahe yang merupakan obat tanaman keluarga juga ternyata efektif untuk menghilangkan rasa nyeri saat anda mengalami sakit gigi.

    Jahe memiliki kandungan antibiotiknya yang mampu membunuh kuman yang ada di bagian gigi berlubang. Dengan cara menyatukan 1 siung jahe dan kemudian simpan di bagian gigi yang terasa sakit kemudian tunggu hingga beberapa menit sampai sakitnya hilang.

     Obat medis


            Hidrogen peroksida 3%



    Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang dijadikan sebagai obat kumur untuk menghilangkan bakteri yang menyebakan radang gusi.

    Cara penggunaanya cukup dengan melarutkan hidrogen peroksida kedalam air kemudian kumur-kumur selama 30 detik.

    selanjutnya segera buang dan berkumur kembali dengan air bersih. Selain mampu megobati sakit gigi, obat kumur ini juga dapat mengusir bau mulut yang jadi tanda infeksi gusi.

    Cacatan: cairan hidrogen peroksida dilarutkan dulu sebelum digunakan karena dapat melukai mulut dan gusi.

               Paracetamol


    Paracetamol merupakan obat yang harus ada di rumah anda untuk berjaga-jaga kalau sakit. Obat tersebut juga dapat membantu menagatasi sakit gigi anda, lho!

    Paracetamol merupakan golongan NSAID yang difungsikan untuk meredakan nyeri akibat peradangan. 

    Pobat ini juga dapat menagtasi demam dan meringankan sakit kepala yang terkadang muncul akibat sakit gigi.

          Ibuprofen


    Ibuprofen juga tergolong NSAID yang bisa mengobati sakit gigi dan masalah penyerta lainnya. Akan tetapi, hindari jagan mengomsumsi buprofen saat perut anda kosong karena menyebabkan lukai pada lambung.

    Jika rasa sakit pada gigi anda sudah menghilang maka segera hentikan memakai obat ini.

          Naproxen


    Naproxen merupakan obat pereda nyeri yang sering dikonsumsi untuk menyemuhkan sakit gigi. Obat ini tersedia diracik dalam bentuk tablet. Obat ini mengandung dosis 220 mg.

    Anda harus mengantisipasi efek samping dari obat ini. Beberapa efek samping yang sering sering timbul ketikaka mengonsumsinya, seperti sakit perut, mulas ringan, diare, sembelit, perut kembung, sakit kepala, kulit gatal dan memerah, serta penglihatan kabur.

          Asam Mefenamat


    Asamefenamat mungkin tidak asing di telinga anda. Obat ini memiliki kandungan anti inflamasi yang dapat menghentikan rasa nyeri dengan sangat cepat.

           Dentasol
          



    Dentasol merupakan obat gigi berlubang yang diproritaskan untuk anak. Obat ini berentuk gel atau cairan yang yang digunakan untuk meredakan sakit gigi berlubang dengan cara mengoleskan  langsung pada gigi yang nyeri.


    Itulah beberapa obat sakit Herbal dan Medis yang palig ampuh untuk mengatasi sakit gigi anda.





    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel